Sugeng Rawuh Wonten Website Kalurahan Temon Wetan, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo Untuk Pertanyaan dan Informasi terkait Pelayanan Umum Kalurahan Temon Wetan Silahkan hubungi WA Pelayanan 085850573445 INFORMASI PELAYANAN UMUM KALURAHAN TEMON WETAN

Artikel

KEBERHASILAN PENGELOLAAN DANA DESA UNTUK PEMBERDAYAAN PETANI BAWANG MERAH

12 Desember 2019 14:16:33  Sayudiyono  384 Kali Dibaca 

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani memamerkan keberhasilan dana desa di Desa Srikayangan. Dana desa yang diterima Desa Srikayangan mampu menurunkan tingkat kemiskinan dan menjadikan bawang merah sebagai komoditas utama.

Hal ini disampaikan Sri Mulyani dalam dalam unggahan story Instagramnya yang dikutip Okezone, Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Sementara itu, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan mengungkapkan profil Desa Srikayangan dalam akun instagramnya

Desa Srikayangan terletak di Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),

Desa Srikayangan menerima dana desa dari pemerintah di tahun 2017 sebesar Rp325 juta. Jumlahnya mengalami kenaikan menjadi Rp914 juta di tahun 2018. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 2,8 kali dari pertama kalinya dana desa dialokasikan dalam penerimaan APBDes Desa Srikayangan.

Desa ini menggunakan 55Úna desa yang diterimanya dari pemerintah pada pembangunan desa, 38% pada pemerintah desa, 4% pada pembinaan masyarakat dan sisanya pada pemberdayaan masyarakat.

Pembangunan desa sendiri dilakukan dengan cara membangun infrastruktur desa antara lain pembangunan jalan dan saluran irigasi. Sedangkan pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan cara diadakannya berbagai pelatihan yang diikuti sebagian warga desa, seperti pelatihan pengendalian hama bawang merah.

Desa dengan luas 725 Ha dan dapat ditempuh dalam waktu 55 menit dari pusat Kota Yogyakarta ini memiliki sekitar 5500 penduduk yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Desa ini sebagian besar didominasi oleh lahan persawahan yang mendukung pekerjaan sehari-hari penduduk sebagai petani.

Tahun lalu jumlah dana desa yang diterima Desa Srikayangan menurun dikarenakan terjadinya penurunan jumlah penduduk miskin di desa ini yang tadinya 1.834 orang menjadi 726 orang. Jumlah dana desa dari pemerintah kepada desa ini tahun 2018 sebesar Rp914 juta.

Bawang merah yang menjadi komoditas primadona desa ini termasuk dalam komoditas unggul yang sangat dicari oleh para pedagang untuk dapat dipasarkan di luar daerah. Bawang merah dari desa ini memiliki aroma yang lebih kuat sehingga memberi harum yang kuat juga dalam masakan.

Desa ini dapat menjadi contoh nyata penggunaan dana desa yang diberikan oleh pemerintah dengan sangat tepat. Yakni untuk membangun dan mengembangkan desa, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri.

Desa Srikayangan saat ini termasuk desa berkembang berdasarkan data Indeks Pembangunan Desa (IPD) tahun 2018, dengan infrastruktur yang ada dan potensi yang dimiliki diperlu adanya pengembangan dari hasil olahan bawang merah sehingga mampu dipasarkan dan menjadi bahan oleh-oleh warga yang sedang berkunjung ke desa.

dilansir dari OKEZONE

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Kalurahan

Back Next

Statistik Penduduk

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : Kaliawen, Temon Wetan, Temon, Kulon Progo
Kalurahan : Temon Wetan
Kapanewon : Temon
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55654
Telepon : 085743407752
Email : pemdestemonwetan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:382
    Kemarin:417
    Total Pengunjung:168.699
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.14.15.94
    Browser:Mozilla 5.0

PELAYANAN ONLINE LAKONKU

CLIK DISINI

Mobile JKN (Android):

CLIK DISINI

IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL

TEMON WETAN TV