"SELAMAT  DATANG DI WEBSITE PEMERINTAH DESA TEMON WETAN"

Bagi penduduk usia 23 tahun keatas yang belum melakukan perekaman agar segera  melakukan perekaman KTP-el. Apabila sampai dengan 31 Desember 2018 belaum rekam KTP-el, data kependudukan yang bersangkutan akan dibekukan oleh pemerintah pusat.Resikonya, tidak bisa menikmati berbagai pelayanan publik seperti layanan BPJS, layanan kepolisian, layanan pertanahan dan pelayanan publik lainnya.

 

KEBERHASILAN PENGELOLAAN DANA DESA UNTUK PEMBERDAYAAN PETANI BAWANG MERAH

Mas Carik 12 Desember 2019 14:16:33 Info Baru

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani memamerkan keberhasilan dana desa di Desa Srikayangan. Dana desa yang diterima Desa Srikayangan mampu menurunkan tingkat kemiskinan dan menjadikan bawang merah sebagai komoditas utama.

Hal ini disampaikan Sri Mulyani dalam dalam unggahan story Instagramnya yang dikutip Okezone, Jakarta, Sabtu (7/12/2019).

Sementara itu, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan mengungkapkan profil Desa Srikayangan dalam akun instagramnya

Desa Srikayangan terletak di Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY),

Desa Srikayangan menerima dana desa dari pemerintah di tahun 2017 sebesar Rp325 juta. Jumlahnya mengalami kenaikan menjadi Rp914 juta di tahun 2018. Jumlah ini mengalami peningkatan sebanyak 2,8 kali dari pertama kalinya dana desa dialokasikan dalam penerimaan APBDes Desa Srikayangan.

Desa ini menggunakan 55Úna desa yang diterimanya dari pemerintah pada pembangunan desa, 38% pada pemerintah desa, 4% pada pembinaan masyarakat dan sisanya pada pemberdayaan masyarakat.

Pembangunan desa sendiri dilakukan dengan cara membangun infrastruktur desa antara lain pembangunan jalan dan saluran irigasi. Sedangkan pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan cara diadakannya berbagai pelatihan yang diikuti sebagian warga desa, seperti pelatihan pengendalian hama bawang merah.

Desa dengan luas 725 Ha dan dapat ditempuh dalam waktu 55 menit dari pusat Kota Yogyakarta ini memiliki sekitar 5500 penduduk yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Desa ini sebagian besar didominasi oleh lahan persawahan yang mendukung pekerjaan sehari-hari penduduk sebagai petani.

Tahun lalu jumlah dana desa yang diterima Desa Srikayangan menurun dikarenakan terjadinya penurunan jumlah penduduk miskin di desa ini yang tadinya 1.834 orang menjadi 726 orang. Jumlah dana desa dari pemerintah kepada desa ini tahun 2018 sebesar Rp914 juta.

Bawang merah yang menjadi komoditas primadona desa ini termasuk dalam komoditas unggul yang sangat dicari oleh para pedagang untuk dapat dipasarkan di luar daerah. Bawang merah dari desa ini memiliki aroma yang lebih kuat sehingga memberi harum yang kuat juga dalam masakan.

Desa ini dapat menjadi contoh nyata penggunaan dana desa yang diberikan oleh pemerintah dengan sangat tepat. Yakni untuk membangun dan mengembangkan desa, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa itu sendiri.

Desa Srikayangan saat ini termasuk desa berkembang berdasarkan data Indeks Pembangunan Desa (IPD) tahun 2018, dengan infrastruktur yang ada dan potensi yang dimiliki diperlu adanya pengembangan dari hasil olahan bawang merah sehingga mampu dipasarkan dan menjadi bahan oleh-oleh warga yang sedang berkunjung ke desa.

dilansir dari OKEZONE

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Online Dan Konsultasi

Space Iklan Sponsor

Peta Desa

Google Maps

Aparatur Kalurahan

Carik Panata Laksana Sarta Pangripta Danarta Ulu-Ulu Jogobyo Kamituwa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator Kalurahan untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Sinergi Program

Proritas Dana Desa 2019

Info Media Sosial

Facebook

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

MUSIK

Live Straming TV

Souncloud