Sugeng Rawuh Wonten Website Kalurahan Temon Wetan, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo Untuk Pertanyaan dan Informasi terkait Pelayanan Umum Kalurahan Temon Wetan Silahkan hubungi WA Pelayanan 085850573445 INFORMASI PELAYANAN UMUM KALURAHAN TEMON WETAN

Artikel

"DESTANA" KALURAHAN TEMON WETAN

03 November 2020 22:43:40  PUJI PURWANINGSIH, S.Pd  553 Kali Dibaca  Berita Desa

Desa Tangguh Bencana adalah desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana. Desa disebut mempunyai ketanguhan terhadap bencana ketika desa tersebut memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisasikan sumber daya masyarakatnya untuk mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana. Resiko bencana antara lain :

  1. Ancaman geologi
  2. Ancaman hidro-metorologi
  3. Ancaman Biologi
  4. Ancaman Kegagalan Teknologi
  5. Ancaman lingkungan
  6. Ancaman Sosial

Pengertian Peringatan Dini adalah Serangkaian kegiatan pemberian informasi peringatan kepada masyarakat tentang kemungkinan terjadinya bencana pada suatu tempat oleh lembaga yang berwenang. Adapun persyaratan peringatan dini antara lain : Adanya informasi resmi, Tanda/gejala alam, Adanya alat dan tanda bahaya yang disepakati,Ada cara/mekanisme untuk menyebarkan luaskan peringatan, Informasi resmi pemerintah.

Sedangkan Kerentanan merupakan Kondisi atau karakteristik biologis, geografis, politik, budaya, dan teknologi suatu masyarakat di suatu wilayah untuk jangka waktu tertentu yang mengurangi kemampuan masyarakat dalam mencegah, meredam, mencapai kesiapan atau menanggapi ancaman. 

Dengan adanya Desa Tangguh Bencana (DESTANA) diharapkan Desa/Kalurahan memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana secara mandiri. (By:Abiyaksa)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Kalurahan

Back Next

Statistik Penduduk

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : Kaliawen, Temon Wetan, Temon, Kulon Progo
Kalurahan : Temon Wetan
Kapanewon : Temon
Kabupaten : Kulon Progo
Kodepos : 55654
Telepon : 085743407752
Email : pemdestemonwetan@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:43
    Kemarin:286
    Total Pengunjung:165.764
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.224.149.242
    Browser:Tidak ditemukan

PELAYANAN ONLINE LAKONKU

CLIK DISINI

Mobile JKN (Android):

CLIK DISINI

IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL

TEMON WETAN TV